Bagaimana Cara Mengontrol Berat Badan Ketika Hamil?

Memperhatikan berat badan ketika sedang mengandung merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Karena berat badan sangat berpengaruh pada kesehatan bayi yang akan dilahirkan nanti. Biasanya calon Ibu akan diberikan saran melalui konsultasi spesialis kandungan agar memiliki berat badan yang ideal.

Bagi ibu hamil dengan berat badan berlebih atau obesitas, ada baiknya jika Anda mengontrol berat bahan tersebut agar anak terhindar dari kecacatan ketika dilahirkan nanti. Menurut penelitian, bayi yang dilahirkan oleh ibu dengan riwayat obesitas memiliki 3,5 kali resiko untuk terlahir dengan kondisi yang cacat.

konsultasi spesialis kandungan

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga dan menstabilkan berat badan selama masa kehamilan. Bagaimana caranya? Berikut informasinya.

  • Hindari makanan dan minuman cepat saji

Ini adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan, namun sering diabaikan karena dianggap tidak terlalu berpengaruh. Padahal banyak penelitian yang menunjukkan bahwa terlalu sering makan atau minum makanan olahan cepat saji hanya akan membuat tubuh menjadi terpengaruh.

Karena makanan ataupun minuman cepat saji, biasanya mengandung gula buatan yang sangat tinggi dan zat aditif lainnya yang tentu saja berbahaya bagi tubuh. Hal ini juga bisa menyebabkan berat badan meningkat dengan pesat tanpa di sadari.

  • Selalu perhatikan kalori yang dikonsumsi

Ada baiknya jika Anda selalu memperhatikan kadar kalori dari makanan yang akan Anda konsumsi. Mungkin jika memasak sendiri, Anda bisa mengontrolnya. Tantangan terberat adalah apabila Anda memutuskan untuk makan diluar rumah. Terkadang tidak penting perhitungannya, apapun pilihannya yang penting bisa makan dengan kenyang.

  • Cobalah untuk rutin makan masakan rumah

Daripada mengkonsumsi makanan yang tidak pasti dan terjamin kebersihannya, lebih baik Anda memakan makanan yang dibuat di rumah. Dengan begitu, Anda bisa menjamin kalau makanan yang akan Anda konsumsi tidak terlalu berlebihan kadar minyaknya.

Anda bisa memilih makanan yang direbus, tumis, dan steam untuk menghindari lemak jahat yang akan masuk ke dalam tubuh.

  • Selalu rutin ber olahraga

Meskipun Anda sedang hamil, bukan berarti Anda tidak diperbolehkan untuk berolahraga. Justru olahraga rutin sangat dianjurkan untuk mengontrol kesehatan tubuh. Anda bisa memulai dengan berjalan santai, yoga, ataupun berenang yang dikhususkan untuk Ibu hamil.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol berat badan ketika Anda sedang hamil. Selain itu, Anda juga bisa langsung mengkonsultasikannya dengan dokter kandungan Anda untuk mendapatkan saran terbaik.

Jika Anda mulai berhasil mendapatkan berat badan yang stabil, pastikan Anda mengontrolnya dengan baik agar tubuh selalu sehat. Lalu, apa saja jenis makanan yang dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap ideal selama masa kehamilan?

  • Daging tanpa lemak

Pastikan Anda memilih daging yang tidak mengandung lemak, hal ini berguna agar protein yang terkandung di dalamnya bisa terserap dengan baik untuk kesehatan si bayi.

  • Ikan yang kaya akan omega 3

Salah satu ikan yang kaya akan omega 3 adalah ikan salmon, kandungan omega 3 sangat baik untuk terus menjaga suasana hati si Ibu dalam keadaan yang baik. Sehingga kondisi ini bisa membuat perkembangan janin menjalani pertumbuhan yang baik.

  • Telur

Tentu Anda tahu bahwa telur mengandung banyak sekali manfaat terutama untuk mendukung pertumbuhan otak dan saraf si janin. Selain itu, telur ternyata sangat penting untuk mencegah terjadinya resiko cacat tabung saraf.

  • Sayur-sayuran
  • Buah
  • Kacang-kacangan
  • Roti gandum
  • Susu

Semua makanan tersebut menyehatkan dan tentunya mudah untuk di dapatkan, maka dari itu pastikan Anda memenuhi asupan tersebut agar selalu berada dalam kondisi yang sehat ya. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kondisi dan kesehatan si bayi yang ada di dalam kandungan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>